Minggu, 12 Mei 2013

PENERAPAN APLIKASI KOMPUTASI MODERN


Nama : Sopian Jaya Hidayat
Kelas : 4IA22
NPM : 52409405
Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern
Dosen : Ibu Rina Noviana
Di buat tanggal 13 Mei 2013
Ada 3 jenis komputasi modern, diantaranya :

Grid Computing
Menurut definisi Grid Computing atau Komputasi Grid merupakan salah satu dari tipe Komputasi Paralel, adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar. Semakin cepat jalur komunikasi terbuka, maka peluang untuk menggabungkan kinerja komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah menjadi semakin meningkat. Dengan demikian, skala komputasi terdistribusi dapat ditingkatkan secara geografis lebih jauh lagi, melintasi batas-batas domain administrasi yang ada.

Beberapa konsep dasar dari Komputasi Grid
  • Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
  • Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.
  • Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
  • Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)


    Mobile Computing
    adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh atau lingkungan mobile (non statik).
    Berikut adalah beberapa alat mobile computing :

    Tablet PC
    Internet Tablet

    PDA

    Ultra mobile PC

    Smart Phone



    0SDefinisi Cloud Computing

    “Cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan (biasanya internet). Asal kata “cloud” diambil dari penggunaan simbol berbentuk awan yang sering digunakan sebagai abstraksi penggambaran infrastruktur kompleks yang dikandungnya dalam sebuah sistem. “

    PENERAPAN KOMPUTASI MODERN DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI
    GRID KOMPUTING : contohnya penerapa sistem iternet, yang menerapkan jutaan komputer yang berada diseluruh dunia untuk terkoneksi dalam satu jalu internet.

    MOBILE KOMPUTING : penerapa sistem aplikasi atau software didalam sebuah perangkat PC portable yang bisa dibawa kemanapun, contohnya smartphon, pc tablet, PDA dll

    CLOUD COMPUTING : contoh pernerapa pada google drive, kita dapat menyimpan data yang cukup besar  didalamnya, tanpa kita ketahui dimana letak memori hardware penyimpanannya, kita hanya tinggal mengupload saja data yang ingin disimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar