Selasa, 22 Januari 2013

Proposal Service Lounge Ajisai


PROPOSAL
PENDIRIAN
USAHA
DISUSUN OLEH :
·       JAELANI CHAIDIR
·       MADE PRADNYANI
·       SOPIAN JAYA HIDAYAT
·       TRI MULYANINGSIH
USAHA SERVICE LOUNGE AJISAI
Bekasi, 29 Desember 2012
Nomor : -
Perihal : Penawaran Usaha
Lampiran : -
KEPADA YTH.
Bapak/Ibu
Tempat
Dengan hormat,
Pertama-tama perkenankan kami dari Ajisai Service Lounge yang berada di bawah manajemen AJISAI GROUP untuk memperkenalkan diri kami kepada bapak/ibu sekaligus mengajukan penawaran yang dapat dijadikan sebagai Mitra- Kerja perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Ajisai Service Loungemerupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan Teknologi Informasi (IT).
A.     PENDAHULUAN
Sebagai seorang insan yang beriman dan bertakwa, maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki. Dengan berlandaskan pengetahuan dan keahlian yang kami peroleh di bangku kuliah yang bergerak di bidang TI, kami ingin mendirikan dan menjalankan beberapa usaha yang bergerak di bidang teknologi informasi berusaha membangun perekonomian yang mandiri melalui suatu perserikatan usaha jasa yang terdiri dari sumber daya manusia yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya.
B.      NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan dibei nama “Ajisai Serv” dengan badan usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.
C.      RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
·         Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·         Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·         Lokasi berada di kawasan kos mahasiswa dan pekerja kantoran.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di jalan Margonda raya , pondok cina Depok dengan pertimbangan :
·         Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi
·         Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah
·         Lokasi berada ditengah kawasan kos , perumahan dan mall yang ramai .
D.     TARGET PELANGGAN
Target pelanggan IT service ini adalah : pelajar, mahasiwa dan pegawai kantor disekitarnya. Mereka adalah menggunakan perangkat komputer atau laptop untuk untuk kegiatan pembelajaran dan presentasi yang frekwensinya cukup tinggi.
E.      JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki adalah sebagai berikut :
·         SERVICE LOUNGE (dikonsentrasikan pada bulan pertama)
Jenis usaha ini adalah usaha inti (core bussines) dimana seluruh investasi isik  di alokasikan untuk usaha ini. Pusat training internet komputer lepas (pada bulan ke-2).
·         Dokumentasi Kerja
Dalam melaksanakan setiap pekerjaan maintenance support staf teknisi wajib membawa surat tugas bekerja, dan setelah melakukan pekerjaannya wajib mendokumentasikan hasil perkerjaannyatersebut ke kantor agar memiliki arsip yang sewaktu-waktu akan diperlukan.
·         NETWORKING MAINTENENCE AND INSTALLATION
Saat ini perusahaan kami juga melayani permintaan akan instalasi dan perawatan jaringan kantor yang meliputi hal perkabelan, setting, pengadaan hardware, sistem jaringan yang dibutuhkan, dan hal lain yang berkaitan dengan jaringan (network). Dalam hal network ini pula kami juga bermitra dengan beberapa mitra kami yang telah berpengalaman khusus di bidang networking. Karena hal ini pula kamipun menyadari bahwa service bidang computer network
mempunyai nilai yang berpotensi baik untuk saat ini dan masa mendatang.
·         WEB DESIGN
Dunia internet di Indonesia mengalami kemajuan begitu pesat. Banyak sekali perusahaan-perusahaan baik di bidang jasa dan perdagangan yang mengiklankan usahanya melalui web. Dengan perkembangan ini maka AJISAI SERVICE LOUNGE siap untuk melayani pembuatan desain web (web design) sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.
·         HARDWARE AND SOFTWARE PROCUREMENT
Selain layanan-layanan yang telah kami sebutkan diatas, AJISAI Service Lounge juga melayani permintaan akan pengadaan hardware dan software computer guna memenuhi kebutuhan customer akan komputer. Kami bertekad untuk memenuhi kebutuhan customer akan hardware dan software computer yang memiliki performa baik, kualitas baik dan berfungsi sesuai keinginan para customer kami. Untuk itu dalam hal pemenuhan kebutuhan pengadaan hardware dan software, kami telah siap untuk pekerjaan tersebut dan tidak akan
sembarangan dalam memilihnya.
·         MAINTENANCE SUPPORT AND SERVICE
Maintenance support yaitu sIstem perawatan komputer baik hardware maupun software yang dilakukan secara berkala dengan tujuan agar komputer PC berjalan stabil, cepat, aman dan terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu pekerjaan dalam perusahaan di komputer. Ajisai Service Lounge sebagai perusahaan jasa dan perdagangan IT dapat memberikan layanan maintenance support untuk hardware dan software komputer PC.
Dalam hal maintenance support AJISAI Service Lounge membagi pekerjaan ini menjadi 2 bagian:
1. OnSite (sesuai kontrak)
2. OnCall (sesuai panggilan/permintaan)
Dengan adanya Service Loung Ajisai ini yang memiliki fasilitas komputer dan ruangan yang memadai , kami juga akan mengadakan pusat training komputer untuk kalangan mahasiswa, pegawai, pelajar maupun kalangan pegawai pemerintah, perusahaan dan masyarakat umum . (service komputer pada bulan ke-3).
Target kami adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama ddirikan beberapa cabang usaha sekaligus.
LINGKUP LAYANAN
Ajisai Service Lounge dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi informasi, antara lain service dan maintenance komputer, installed computer, installed new program, instalasi jaringan dan juga pengadaan komputerkomputer. Kami pada dasarnya menerima segala permintaan yang berhubungan dengan IT.
Ruang lingkup usaha kami saat ini yaitu:
1. Maintenance Support and Services
2. Networking Maintenence and Installation
3. Web Design
4. Hardware and Software Computer Procurement
Perusahaan IT kami ini juga mendukung keputusan pemerintah bahwa Indonesia saat ini yang sudah menerapkan otonomi daerah sedang menggalakkan implementasi IT di segala bidang pekerjaan dalam dunia usaha, baik institusi pemerintahan daerah, institusi pemerintahan pusat, institusi pendidikan, institusi transportasi, kedokteran, dan bidang usaha yang lainnya. Di masa era globalisasi sekarang ini sistem komputerisasi yang efisien waktu dan biaya sangat banyak dibutuhkan bagi dunia usaha. Untuk itu perkembangan teknologi informasi selalu berwawasan pada kebutuhan saat ini dan masa depan.
Maksud dan Tujuan
Tujuan dari adanya maintenance support disini adalah untuk membantu pihak manajemen perusahaan dalam mengantisipasi permasalahan seputar bidang komputer. Hal ini dilakukan untuk dapat meningkatkan performance, efektifitas kerja, dan memungkinkan juga efisiensi biaya.
Di dalam perkembangan dunia usaha saat ini sistem komputerisasi sudah sangat dibutuhkan sekali baik bidang pekerjaan yang kecil maupun yang besar. Semua pihak sudah harus memenuhi tuntutan zaman yang menuntut semua pihak dan bidang pekerjaan dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu
pekerjaan yang efisien untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Diagram Alur Proses Kerja Teknisi Maintenance

Kontrak Kerja
Pekerjaan Maintenance Support and service dilaksanakan berdasarkan kontrak kerja antara AJISAI Service Lounge dengan pihak customer dengan masa kontrak kerja yang sudah ditentukan sebagai berikut:
1. Minimal 6 bulan atau 1 tahun (Jangka Pendek)
2. Lebih dari 1 tahun (Jangka Panjang)
Setelah tercipta adanya kesepakatan kontrak kerja yang dituangkan di dalam perjanjian kontrak kerjasama, barulah terwujud akan adanya pekerjaan maintenance support.
Waktu Pelaksanaan Kerja
Dalam pelaksanaan maintenance support di lapangan, AJISAI InformationTechnology akan mengirimkan staf teknisi berjumlah 1 (satu) atau lebih ketempat customer untuk melakukan pekerjaannya. Pekerjaan maintenancesupport dilakukan pada hari/tanggal sesuai dengan kontrak kerja ataudisesuaikan dengan waktu yang memungkinkan bagi calon customer (kecuali
Hari Libur Nasional, akan diganti hari lain). Apabila dalam jadwal pelaksanaanmaintenance support terdapat hari libur nasional, kami turut libur pula kecuali untuk kasus-kasus tertentu.
Pekerjaan maintenance support berlangsung selama sekali/beberapa kali dalam se-minggu/bulan/tahun(sesuai kontrak kerja) dan setiap kunjungan pekerjaan memakan waktu selama ± 1-3 jam. Banyaknya kunjungan ditentukan sesuaidengan kontrak kerja yang disepakati.
F.       KEUNGGULAN KAMI
1.      Semua instansi software, jaringan LAN, router dan Proxy server dapat kami lakukan sendiri jadi tidak memerlukan anggaran dana untuk jasa dari pihak ketiga.
2.      Kami sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk pendiriann service lounge sebelumnya.
3.      Kami juga sangat sering mengadakan pelatihan pelatihan website kepada pelajar dan dan mahasiswa melalui kerjasama dengan ekskul atau senat .
G.     PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
·         Komputer pentium 4 sebanyak 14 unit , 1buah komputer I3 sebagai server .
·         Perangkat jarinan
·         Koneksi internet
·         Sistem operasi
H.     DANA,  LABA MODAL & KEUNTUNGAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan pertama adalah  Rp 160.000.000,-  dengan laba bersih perbulan minimal Rp.10.000.000,- perbulannya. Sehingga usaha diperkirakan akan BEP pada bulan ke (10) sebels (dengan asumsi 1 bulan pertama  belum mendapatkan keuntungan maksimal).
            Sedangkan untuk modal usaha selain srvice lounge adalah dengan sumber antara lain:
1.      Penambahan modal oleh pemodal.
2.      Penambahan modal oleh Pt. Ajisai Group yang menaungi SLA ini (service Lounge Ajisai).
3.      Keuntungan bulanan pemodal, bila pemodal ingin menambah investasi.
4.      Keuntungan bulanan pengelola , bila pengelola ingin ikut menanam saham.
I.        STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
1.      Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
2.      Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut diatas, kami yakin perusahaan bapak/ibu dapat bergerak maju dan berkembang dengan pesat. Hal ini kami sampaikan karena menurut pandangan kami, kami dapat dan mampu untuk membagi beban pekerjaan yang berhubungan dengan tugas dan kegiatan kami sehari-hari sebagai perusahaan jasa dan perdagangan di bidang IT. Hal ini karena personil-personil kami yang tergabung dalam AJISAI Service Lounge memiliki skill yang mendukung di bidang IT tersebut.
Untuk itu izinkanlah kami AJISAI Service Lounge mengajukan penawaran yang bergerak di bidang IT seperti hal-hal yang tersebut diatas untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.
Demikianlah hal yang dapat kami sampaikan, sambil menunggu informasi bapak/ibu lebih lanjut. Besar harapan kami, agar bapak/ibu dapat bekerja sama dengan kami untuk memenuhi kebutuhan perusahaan bapak/ibu.
Akhir kata atas perhatian, bantuan, dan kerjasama yang baik dengan segala kerendahan hati kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
AJISAI Service Lounge
AJISAI GROUP
MANAGING DIRECTOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar