Jumat, 19 Oktober 2012

Bisnis Informatika

Saat ini kita akan sedikit membahas mengenai bisnis informaitika. pertama kita uraikan kedua kata diatas yaitu bisnis dan informatika.
Bisnis, pengertian dari bisnis ialah sebuah kegiatan atau kerja yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah keuntungan melalui sebuah usaha. sedangkan Informatika ialah sebuah ilmu yang mempelajri mengenai seluk beluk dunia komputerisasi, mulai dari hardware, software, sistem operasi, jaringan, hingga pada tampilan interaktif terhadap pengguna.

dari pemaparan tersebut dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari Bisnis Informatika ialah, sebuah usaha atau kerja yang berhubungan dengan dunia komputer untuk mendapatkan sebuah keuntungan.di era globalisasi sekarang ini, banyak sekali bermunnculan bisnis - bisnis yang berbasis pada dunia komputer atau dengan kata lain informatika, mulai dari yang berbentuk fisik sebuah perusahaan atau hanya sekedar berbisnis melalui dunia maya (internet). sebagai contoh perusahaan yang sangat pesat sekarang ini adalah Google. kemunculannya sebagai mesin pencari nomor satu didunia, telah membawa google pada perkembangan bisnis informatika yang sangat pesat, kini bukan hanya search engine yang ia kelola, mulai dari email, blog, cloud drive, sistem operasi, dll telah dikelola oleh google, bahkan perusahaan sebesar youtube telah dibeli oleh pihak google.

kemudian untuk usaha didunia informatika yang hanya berbentuk pada dunia maya, sebagai contoh adalah adanya blog - blog atau website yang menawarkan barang yang dijual melalui media online, hanya dengan memiliki akses internet kini setiap orang dapat membeli apapun, hanya tinggal memesan, transfer uang dan barang tiba ditempat, tanpa anda harus bersusah payah menuju tempat sipenjual.

itulah gambaran bisnis informatika sekarang ini, bisnis yang sangat pesat perkemabangannya saat ini, dikarenakan teknologi yang semakin canggih maka bisnis ini pun akan berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada.

jika anda tertarik untuk mencoba menjalankan sebuah bisnis informatika, saya memiliki beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda dalam menjalankan usaha dibidang tersebut.
1. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anda memiliki passion dibidang komputerisasai/informatika
2. Cari alasan mengapa anda ingin menjalankan bisnis tersebut
3. Pilihlah bidang informatika apa yang akan anda jalani. saran saya bagi pemula sebaiknya lakukanlah
    bertahap mulai dari yang kecil, contoh : lakukanlah bisnis jual beli online.
4. Tentukan visi dari usaha anda
5. Buatlah langkah - langkah sederhana untuk mencapai visi tersebut
6. Selalu buat target yang ingin dicapai setiap minggu / bulan.
7. Jangan lupa Berdoa dan beribadah setiap waktu  :)

Demikianlah pemaparan dari saya mengenai bisnis informatika. semoga dapat bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar